Header Ads

Tips Sukses Cara Menghadapi Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji Skripsi

Berikut ini adalah tips sukses cara menghadapi dosen pembimbing maupun dan dosen penguji skripsi yang sulit atau killer. Sebelumnya perlu rekan-rekan ketahui, sebenarnya hampir semua fakultas ingin siswa untuk lulus segera dan kemudian mencari pekerjaan untuk melanjutkan hidupnya. Pihak kampus maupun dosen pembimbing tidak dengan sengaja mempersulit studi rekan-rekan mahasiswa. Mereka adalah sama seperti para orang tua atau ibu di rumah yang ingin anak-anak mereka hidup dengan baik dan bahagia . Ini adalah sifat dasar dari hampir semua dari Bapak dan Ibu Dosen ... !

 Jadi ... Dalam menyelesaikan skripsi, yang penting adalah bahwa kita telah siap atas apa yang akan kita diserahkan kepada dosen penguji. Sebagai contoh, sebelum kita bertemu dengan dosen penguji sebaiknya kita membaca skripsi dengan berulang-ulang hingga Anda mampu menguasai materi bahkan kalau bisa mengetahui pada halaman berapa sesuatu itu di bahas. Tak lupa pula Anda sebaiknya membaca berbagai referensi yang supaya esoknya dapat lebih siap menjelaskan atas apa yang Anda tulis di dalam skripsi Anda supaya tidak dianggap plagiat atau meniru skripsi orang lain ~ walau misalnya memang meniru atau menjiplak dari kampus lain tetap wajib Anda kuasai. 

Dengan cara ini dosen akan sangat senang dan berpikir kita sangat serius sehingga mereka secara otomatis akan nyaman dan senang dengan cara Anda bekerja .Dengan demikian skripsi Anda akan berjalan lancar. Setidaknya itulah pengalaman banyak rekan-rekan mahasiswa yang telah lulus kuliah. Intinya adalah Anda harus memiliki referensi pada skripsi Anda sehingga Anda mampu menjelaskan hingga di luar kepala.  Apapun tipe dosen yang kami peroleh, yang harus dilakukan hanya dengan menjalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing maupun dosen penguji. Jangan sampai seperti menjadi saling asing satu sama lain antara Anda dan dosen pembimbing maupun dosen penguji Anda. Disamping harus tetap memahami betul isi dari skripsi Anda serta berbagai referensi buku maupun contoh-contoh skripsi senior Anda.

Selain itu, berdoa kepada Tuhan YME dan banyak amal juga akan memiliki dampak positif . Selamat untuk menulis tesis , good luck .